Rabu, 02 Agustus 2017

KEMOSINTESIS

Image result for gambar kemosintesis
Kemosintesis yaitu peristiwa asimilasi dengan zat kimia sebagai sumber energi. Jadi kemosintesis menggunakan bahan anorganik sebagai sumber energinya dan CO2 sebagai sumber karbon dan air.
Pada dasarnya, reaksi kemosintesis memiiki kemiripan dengan fotosintesis, keduanya merupakan reaksi asimilasi yang menyusun senyawa organik kompleks dari senyawa anorganik sederhana. Hanya saja, akan terjadi perbedaan – perbedaan pada keduanya seperti tempat berlangsungnya reaksi dan sebagainya. Oleh sebab itu, reaksi kemosintesis akan lebih sederhana dibanding dengan reaksi fotosintesis.
Reaksi kemosintesis berlangsung di dalam sitoplasma sel. Reaksi kemosintesis akan terjadi perubahan senyawa kimia menjadi makanan. Berdasarkan sumber energi kimianya, reaksi kemosintesis dibedakan menjadi:

1. Kemosintesis Nitrogen
Reaksi pembentukan senyawa organik kompleks dengan bantuan senyawa nitrogen sebagai sumber energi terjadi pada kelompok baketri nitrogen. Rangkaian kemosintesis nitrogen dialam sangat beragam. Nitrogen merupakan komponen gas paling besar di atmosfer (76%) dan dalam bentuk nitrogen bebas (N2) yang sangat impermeabel bagi sebagian organisme. Namun kelompok bakteri nitrogen mampu memanfaatkan nitrogen sebagai sumber energi.
Bakteri Rhizobium merupakan salah satu kelompok bakteri yang mampu mengikat nitrogen bebas di alam dan mengubahnya menjadi ammonium (NH4). Kelompok bakteri nitrit menggunakan ammonium untuk menghasilkan nitrit (HNO2) yang akan dioksidasi sebagai sumber pembentukan glukosa. Sementara bakteri nitrat memanfaat nitrit utuk menghasilkan nitrat (HNO3). Kelompok bakteri denitrifikasi merupakan kelompok bakteri yang akan memanfaat hno3 sebagai sumber energi dan akan menguraikannya menjadi nitrogen bebas ke alam. Serangkaian kemosintesis nitrogen ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Beberapa bakteri nitrogen mengadakan simbiosis dengan tumbuhan seperti kelompok suku polong – polongan untuk mendapatkan nitrogen organik hasil kemosintesis. Nitrogen adalah salah satu komponen utama dalam pembentukan protein.

Image result for gambar kemosintesis nitrogen

2. Kemosintesis SulfurHampir serupa dengan kemosintesis nitrogen, bakteri sulfur mampu mengoksidasi senyawa sulfur untuk menghasilkan senyawa organik (makanan). Bakteri sulfur merupakan penghuni daerah lereng gunung berapi, dimana cahaya matahari tidak dapat menembus habitat tersebut. Bakteri sulfur akan memanfaatkan hidrogen dari senyawa sulfur untuk membentuk makanannya sendiri.
Sulfur bebas (S) akan direduksi menjadi H2S oleh bakteri sulfur. Asam sulfida (H2S) yang terbentuk ini akan dioksidasi untuk pembentukan glukosa dengan karbondioksida. Hasil samping dari reaksi ini akan dibebaskan sulfur (S) ke alam untuk mengulagi siklus yang sama.
Beberapa bakteri kemosintetik lainnya memanfaatkan senyawa kimia lainnya seperti besi, methana, atau karbon.

Image result for gambar kemosintesis sulfur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar